jasa penerbitan buku
sumber foto: freepik

Naskah Anda sudah selesai ditulis dan siap diterbitkan, bukan?

Nah, sekarang saatnya bagi Anda memilih penerbit untuk mencetak dan menerbitkan naskah Anda agar dapat menginspirasi banyak orang. Penerbit buku di Indonesia memang sangat banyak dan tersebar di seluruh wilayah jadi tentunya akan ada banyak pilihan bagi Anda untuk menentukan penerbit.

Namun, sebelum menentukan penerbit mana yang akan menerbitkan naskah Anda. Sebaiknya Anda mengenal dan memahami karakteristik dari penerbit-penerbit yang ada di Indonesia. Secara umum, penerbit di Indonesia dibagi menjadi dua jenis yaitu penerbit mayor dan penerbit indie.

Kedua jenis penerbit ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah, untuk lebih memahami perbedaan kedua jenis penerbit ini, Anda bisa membacanya di artikel yang satu ini. Selamat membaca!

Berikut ini beberapa perbedaan antara penerbit mayor dan penerbit indie.

 

Penerbit Mayor

 

Penerbit mayor merupakan sebuah perusahaan penerbitan berskala besar dengan modal yang tentunya tidak main-main. Penerbit ini biasanya sudah mempunyai nama brand yang besar dan terkenal. Manajemen kerjanya pun sudah sangat professional dengan tim yang sudah dibagi-bagi bidang kerjanya secara sistematis. Misalnya, editor, layouter, designer, produksi, marketing, distributor, dan lain sebagainya.

Karakteristik penerbit mayor yang seperti ini tentunya membuat naskah yang diterima di penerbit mayor akan diseleksi dengan ketat dan teliti. Ya, untuk sekali penerbitan buku, sebagian penerbit mayor menetapkan jumlah minimum penerbitan yaitu sekitar 1000-3000 eksemplar per sekali terbit.

Jumlah minimum yang tidak sedikit ini tentunya membuat penerbit mayor tidak akan asal-asalan memilih naskah yang akan diterbitkan. Oleh karena itu, penerbit mayor dikenal dengan penerbit yang mempunyai kriteria rinci dan ketat terhadap naskah-naskah yang diajukan oleh para penulis untuk diterbitkan.

Penerbit mayor sangat berhati-hati dalam menentukan naskah yang akan mereka terbitkan. Mereka juga sangat memperhatikan karakteristik pasar atau keinginan para pembaca buku, sehingga mereka dapat memprediksi apakah buku yang akan mereka terbitkan nantinya menghasilkan keuntungan yang tinggi atau tidak. Tentunya penerbit mayor akan menerbitkan buku yang berpotensi menghasilkan keuntungan tinggi ya.

Penulis yang mengirimkan naskahnya ke penerbit mayor juga sangat banyak. Hal ini tentunya membuat mereka membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk menyeleksi atau mensortir semua naskah tersebut. Tak heran jika Anda harus  sabar menunggu hasil apakah naskah Anda akan diterbitkan oleh penerbit mayor atau tidak.

Jika Anda penulis pemula, maka Anda harus benar-benar mempertimbangkan kembali apakah naskah Anda akan Anda ajukan ke penerbit mayor. Ya, di penerbit mayor naskah Anda akan bersaing sangat ketat dengan naskah-naskah lainnya. Naskah Anda juga akan benar benar dikaji untuk melihat apakah naskah Anda layak diterbitkan atau tidak.

Tidak jarang pula banyak penulis yang kecewa karena sudah menunggu lama, namun ternyata naskah yang mereka ajukan ditolak oleh penerbit mayor dengan berbagai alasan. Oleh karena itu, Anda memerlukan kesabaran ekstra jika Anda ingin menerbitkan naskah Anda di penerbit mayor.

Meskipun terkesan sangat sulit, namun jika naskah Anda berhasil diterima oleh penerbit mayor, maka Anda akan mendapat banyak keuntungan. Semua proses penerbitan naskah Anda akan dijamin pengerjaannya oleh penerbit mayor yang sudah sangat berpengalaman dan professional di bidangnya.

Penerbit mayor juga akan mengurus penerbitan ISBN buku Anda nantinya. ISBN (International Standard Book Number) merupakan kode identifikasi sebuah buku yang biasanya terdiri dari 13 digit angka. Semua informasi terkait buku Anda seperti judul, nama penulis, tahun terbit, nama penerbit, alamat penerbit, dan tahun terbit tercantum dalam ISBN. Jadi satu buku hanya mempunyai satu ISBN sehingga dapat menjadi pembeda dengan buku lainnya.

Selain itu, naskah yang Anda terbitkan di penerbit mayor akan didistribusikan bahkan dipromosikan oleh tim marketing. Sehingga, naskah Anda pasti akan tersebar ke masyarakat luas dan menjadi inspirasi bagi mereka.

Penerbit Indie

 

Jangan berkecil hati dulu jika naskah Anda tidak diterima oleh penerbit mayor. Anda bisa memilih jenis penerbitan lainnya yaitu penerbit indie atau penerbit independen atau penerbit mandiri. Meskipun skalanya lebih kecil dari penerbit mayor, penerbit indie tetap bisa menjadi salah satu solusi untuk Anda. Ya, karena penerbit indie juga memiliki kelebihannya tersendiri.

Sebagian penerbit indie tidak akan menyeleksi naskah Anda dengan sangat ketat dan rinci, Asalkan naskah Anda tidak mengandung SARA, naskah Anda dapat dicetak dan diterbitkan di penerbit indie.

Beberapa penerbit indie menyediakan paket-paket tertentu untuk penulis. Paket-paket di sini artinya fasilitas atau layanan tambahan untuk naskah Anda. Misalnya, editing, layouting, pembuatan ISBN, dan lain sebagainya. Anda dapat memilih penerbit Indie yang menyediakan jasa lengkap seperti ini. Anda juga diharuskan membayar biaya tertentu untuk mendapatkan jasa ini.

Jika dibandingkan dengan penerbit mayor, tentunya biaya yang akan dikeluarkan penulis lebih terjangkau atau murah. Hal ini sangat menguntungkan terutama bagi penulis pemula.

Jumlah buku yang akan dicetak juga bisa Anda atur atau ajukan jumlahnya. Anda tidak harus mencetak buku Anda dengan jumlah yang besar. Semakin banyak eksemplar yang ingin Anda cetak, tentunya semakin besar biaya yang diperlukan. Jadi, Anda bisa menyesuikan jumlah buku yang akan dicetak dengan budget atau biaya yang Anda miliki.

Waktu penerbitan naskah Anda juga cukup cepat jika diterbitkan di penerbit indie. Mulai dari Anda mengirim naskah, pengerjaan naskah oleh penerbit, hingga distribusi naskah tidak akan memerlukan waktu yang lama. Bahkan ada penerbit yang hanya membutuhkan waktu 1 minggu untuk menerbitkan sebuah buku. Hal ini tentunya tergantung jumlah buku yang akan diterbitkan ya.

Buku yang sudah dicetak dan diterbitkan oleh penerbit indie juga akan didistribusikan agar dikenal oleh masyarakat luas. Pada umumnya, penerbit indie akan memanfaatkan media sosial dan website yang mereka miliki untuk mempromosikan buku yang mereka cetak. Namun, ada juga beberapa penerbit indie yang sudah bekerja sama dengan perpustakaan nasional maupun perpustakaan daerah untuk mendistribusikan buku yang mereka terbitkan.

Salah satu penerbit indie yang ada di Indonesia adalah Dukref. Jasa penerbitan di Dukref sangat murah dan terjangkau terlebih Dukref menyediakan paket-paket penerbitan yang tentunya akan menguntungkan penulis seperti Anda. Tak hanya dari segi biaya, jasa penerbitan Dukref juga mengutamakan pelayan terbaik untuk para penulis lho.

Jika Anda ingin menerbitkan naskah di Dukref, silakan hubungi Tim Dukref ke nomor 0822-4441-6800. Anda juga dapat mengirim e-mail ke support@dukref.com. Head office Dukref berada di Jalan Juanda No 144, Nelagasari, Kota Tangerang, Banten. Anda juga bisa mengunjungi website jasa penerbitan naskah Dukref di sini

Penerbit mayor maupun penerbit indie memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda harus mempertimbangkan dengan matang sebelum Anda memilih penerbit mana yang akan menerbitkan naskah Anda. Yakinlah bahwa karya Anda sudah Anda selesaikan dengan sangat baik, pasti ada penerbit yang akan menerbitkan naskah Anda. Tetap semangat ya!

 

Ditulis oleh Mega Dinda Lestari, Member Dukref Production