inilah kelemahan marketplace yang harus dipertimbangkan dengan matang

Di zaman yang serba cepat ini, seolah mendorong setiap orang untuk dapat berlomba-lomba mengikuti perkembangan zaman, salah satunya adalah aktivitas jual beli. Jikalau dulu masih banyak orang yang melakukan jual beli secara tradisional dan tatap muka, saat ini banyak orang yang sudah melakukan aktivitas jual beli secara modern, yaitu dengan menggunakan dan memanfaatkan teknologi yang canggih seperti perangkat elektronik. Melalui perangkat ini kita bisa melakukan beragam transaksi jual beli, salah satunya dengan melalui marketplace. Istilah marketplace ini sebenarnya berasal dari bahasa inggris yang berarti “pasar”. Marketplace, merupakan suatu platform yang memilki peranan besar dalam kemajuan beragam platform bisnis yang tersedia dan berjalan di e-commers saat ini. Dimana banyak orang yang sudah melakukan beragam transaksi jual beli dengan ragam kemudahan akses pula. Dan semua prosesnya sangatlah mudah, tanpa perlu berlama-lama, sehingga bisa memberikan kenyamanan bagi setiap penggunanya.

Dengan adanya hal seperti ini, tak dapat di pungkiri bahwa marketplace memang memberikan banyak kemudahan dan manfaat untuk orang-orang. Misalnya mereka bisa melakukan aktivitas jual beli tanpa harus bepergian jauh, ataupun harus melakukan aktivitas tatap muka. Cukup dengan membuka perangkat elektronik dan membuka website atau aplikasi belanja yang tersedia, mereka dengan mudah berjualan dan berbelanja. Dari semua banyak manfaat yang telah di dapatkan, mustahil jika tak ada dampak negatif atau sisi kelemahannya. Lalu kira-kira apa saja ya dampak negatif atau kelemahan yang harus dipertimbangkan sebelum menggunakan marketplace, yuk simak penjelasan di bawah ini

Daya saing sangat tinggi

Seperti yang kita ketahui, bahwa pengguna marketplace saat ini sangatlah banyak. Dalam satu platform saja, kita bisa menemukan beragam produk dengan variasi harga yang berbeda. Hal seperti ini menimbulkan banyaknya terjadi persaingan antara satu penjual dengan penjual lainnya. Nah untuk itu, sebelum memutuskan bergabung di marketplace, lebih baik kamu memikirkan terlebih dahulu terkait strategi apa saja yang akan kamu gunakan dalam rangka untuk mempertahankan produk dan membuat produk yang dijualkan memiliki daya tarik tersendiri. Jadi kamu harus bisa membuat produk yang ingin dijual tersebut memiliki keunikan dan perbedaan tersendiri dari produk sainganmu yang lainnya.

Sulit ditemukan

Hal yang sering kali menjadi kendala bagi para penjual yang baru saja merintis usahanya di marketplace adalah sering kali produk yang dijualnya sulit untuk ditemukan oleh calon pembeli. Biasanya, jika ingin membeli suatu produk, para calon pembeli ini akan mencari barang dengan menggunakan kata kunci, setelah itu akan muncul beragam produk yang sama dengan harga yang berbeda dari beragam toko pula. Tentu hal seperti ini akan lebih menyulitkan produkmu terpilih, karena  biasanya mereka akan memilih produk atau barang yang dicarinya berdasarkan harga, dan juga pertimbangan lainnya.

Sulit mendapatkan kepercayaan

Salah satu masalah yang besar dalam berjualan di marketplace adalah mendapatkan kepercayaan dari para pembeli. Karena sering kali ditemukannya banyak penjual yang melakukan penipuan, baik itu barang yang tidak sesuailah, dan masih banyak lainnya. Nah hal seperti ini tentu akan menjadi tantangan tersendiri bagi para penjual yang jujur dan memiliki barang atau produk yang berkualitas.

Berhasil atau tidaknya bergantung pada pengelola marketplace

Karena sebagai penjual, kamu istilahnya menebeng jualan di marketplace. Tentu yang akan menjadi awal penilaiaan orang-orang adalah nama atau reputasi dari marketplace itu sendiri. Semakin baik nama marketplace itu dikenal, maka semakin besar pula peluang orang-orang berdatangan ke platform tersebut untuk membeli produk. Sebaliknya, apabila marketplace tersebut belum terlalu dikenal atau mungkin memiliki reputasi yang buruk, maka kecil kemungkinan produk kamu bisa laku di pasaran.

Nah itulah beberapa sisi kelemahan dari platform marketplace. Tentu semua hal memiliki dua sisi, yaitu sisi baik dan sisi buruknya. Kedua hal tersebut harus kamu pertimbangkan betul sebelum mengambil keputusan untuk benar-benar terjun ke dunia marketplace. Ingat, kalau berani memulai, maka harus berani juga menerima risikonya, dan yang pasti segala sesuatu yang dirintis dari awal tentu memerlukan perjuangan dan usaha yang lebih besar lagi.