Inilah Prinsip Dasar Desain Grafis yang Harus Kamu Perhatikan

(Foto : Pixabay.com)

Dalam membuat desain tentu tidak boleh sembarangan, ada poin-poin yang harus diperhatikan agar desain yang dibuat bisa menarik dan berkualitas. Nah hal yang harus kamu perhatikan dalam membuat desain adalah prinsip-prinsip yang terdapat pada desain. Kira-kira seperti apa ya? Yuk simak pembahasannya.

Garis

Garis adalah unsur dasar dalam desain grafis. Garis merupakan penguhubung antara satu titik ke titik lainnya agar membentuk berbagai garis seperti horizontal,vertikal, diagonal, zigzag, dan lain-lain. Dalam membuat garis pada suatu desain, kamu membutuhkan kemampuan agar desain yang dibuat  memiliki bentuk yang bernilai dan membuat mata nyaman saat memandangnya .

Bidang

Bidang merupakan unsur dasar desain yang memiliki ukuran lebar dan tinggi, contohnya seperti bentuk persegi, persegi panjang, dan lainnya. Dalam desain, bidang terbagi menjadi dua yaitu bidang geometris, dan non geometris. Perbedaan yang terdapat pada dua bidang ini terletak pada kesannya, pada bidang non geometris berperan memberikan kesan yang tidak formal, serta dinamis pada desain yang dihasilkan. Sebaliknya, bidang geometris berperan memberikan kesan yang tidak formal.

Ukuran

Ukuran merupakan unsur dasar desain yang berkaitan dengan panjang pendek, tinggi rendah, serta besar kecilnya suatu objek. Untuk menarik minat orang-orang, ukuran suatu objek tertentu pada gambar harus ditonjolkan dan disesuaikan dengan gambar maupun pendukung lainnya.

Tekstur

Tekstur merupakan unsur desain yang berkaitan dengan tampilan gambar, contohnya seperti gambar yang memiliki tekstur kasar ataupun halus. Tekstur ini biasanya akan membantu memberik kesan kontras dan seimbang pada desain, karena adanya background yang membuat desain terlihat lebih berkarakter.

Space

Space merupakan unsur desain yang memberikan jarak pada satu bentuk dengan bentuk lainnya. Space antara satu bentuk desain dengan yang lainnya ini membantu memberikan kesan yang estetik pada desain. Dalam desain, ruang atau space ini akan berfungsi untuk membantu memberikan kesan yang nyaman, sehingga mampu menarik perhatian siapapun yang melihatnya.

Warna

Warna merupakan unsur utama pada desain yang mampu menarik minat orang-orang yang melihatnya. Untuk itu, dalam membuat desain, penting sekali memperhatikan setiap perpaduan warna yang ingin digunakan, karena semakin tepat penggunaan warna, maka desain yang dihasilkan juga akan semakin berkualitas. Tak hanya itu, dengan warna yang tepat pada desain tentu juga akan mempermudah orang-orang memahami apa pesan yang terkandung di dalamnya, dan hal itu pasti akan menjadi daya tarik tersendiri.

Gelap terang

Gelap terang merupakan unsur yang tak kalah pentingnya dengan warna. Gelap terang pada desain itu memiliki fungsi yang memberikan kesan kedalaman, serta memberikan efek benda tiga dimensi pada desain. Tak hanya itu, dengan adanya gelap terang pada suatu desain, juga berfungsi memberikan kesan visual yang tampak lebih dramatis, sehingga menambah kesan menarik bagi siapapun yang melihatnya.