Inilah Teknik Fotografi Yang Harus Pemula Ketahui

(Foto : Pixabay.com)

 

Bagi seorang fotografer pemula, memahami fitur dan teknik fotografi tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri. Mengoperasikan kamera akan terasa rumit jika belum memahaminya. Tapi tenang kamu tak perlu khawatir, Dukref Production akan berbagi beberapa tips dan teknik dasar fotografi yang bisa kamu pelajari, yuk simak tips dan tekniknya.

1. Perhatikan cara memegang kamera

Untuk menjadi seorang fotografi yang handal, hal pertama yang harus kamu pahami adalah cara memegang kamera yang benar. Pada posisi yang benar, akan meminimalisir guncangan-guncangan pada kamera yang akan menyebabkan hasil gambar menjadi blur dan buram. Cara dan posisi yang benar adalah dekatkan lengan yang memegang kamera ke bagian tubuhmu, hal ini berfungsi untuk mengurangi goncangan yang terjadi dan mempermudah fotografer untuk menangkap gambar dengan hasil yang tajam.

2. Saat mengambil gambar, gunakan format RAW

RAW adalah format file yang hampir mirip dengan jpeg.RAW memiliki kelebihan saat menangkap data gambar yang direkam oleh kamera, hasil dari format RAW ini tidak hanya memiliki gambar berkualitas tinggi, melainkan juga memiliki kualitas kontrol yang lebih baik saat proses pengambilan gambar sedang berlangsung. Namun kelemahannya, file RAW ini memakan banyak ruang.

3. Perhatikan pemakaian aperture

Nilai aperture dilambangkan dengan huruf “f”. Dalam aperture nilai memiliki makna yang berbalik. Contoh jika kamu ingin menggunakan bukaan yang lebar maka aperture yang kamu gunakan adalah “f 1,8” dan “f” lebih kecil dari nilai tersebut. Sebaliknya, jika ingin menggunakan bukaan yang sempit bisa gunakan “f 22”.

Penggunaan aperture ini bisa membantu kamu untuk mengatur cahaya yang masuk pada gambar, sehingga bisa menghasilkan foto sesuai dengan kecerahan yang diinginkan.

4. Perhatikan ISO

Saat ingin memotret sesuatu, biasakan untuk mengatur ulang ISO. Gunakan ISO sesuai dengan kondisimu saat memotret, jika kamu berada ditempat yang gelap, maka ISO kamera harus ditingkatkan. Sebaliknya, jika berada di tempat yang terang, kamu harus menurunkan ISO kameramu.

5. Perhatikan shutter speed

Shutter speed adalah teknik yang akam membantumu mencegah hasil gambar yang buram . untuk mengunakannya, kamu bisa mengubahnya sesuai dengan kebutuhan. Contoh, jika kamu ingin memotret pada kondisi gelap seperti malam hari, gunaknlah shutter speed paling lambat 30 detik. Namun jika ingin memotret gambar dengan kencang kamu bisa menggunakan shutter speed 1/4000 detik.