Perbedaan seo dengan sem
sumber foto: freepik

Bagi kalian yang menekuni dunia digital marketing, pasti tak asing lagi dengan kata SEO dan SEM. Lantas apa 'sih SEO dan SEM itu?

Seiring dengan kemajuan teknologi digital, dunia bisnis yang tadinya hanya dilakukan di dunia nyata kini merambah dunia digital. Hal tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bertransformasi secara digital dapat memudahkan persaingan dalam bisnis, misalnya dalam pemasaran dan pelayanan. Selain itu, Bisnis yang tadinya berjalan secara manual kini bisa terotomatisasi oleh sistem. Akan tetapi, bisnis digital terkesan sulit dan mahal untuk sebagian orang.

Salah satu platform untuk menjalankan bisnis di dunia digital tersebut adalah website. Namun, sama seperti bisnis lainnya bisnis digital juga memerlukan strategi marketing untuk mendukung proses bisnisnya. Strategi marketing tersebut salah satunya adalah penerapan SEO dan SEM.

Secara sederhana SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu proses yang dilakukan pada website agar peringkatnya menjadi bagus dan tampil pada halaman pertama di mesin telusur seperti Google. Sedangkan SEM adalah Search Engine Marketing yaitu suatu bentuk pemasaran di internet dengan melakukan promosi untuk meningkatkan visibilitas website. Keduanya merupakan suatu cara marketing yang diterapkan pada website.  

Search Engine Optimization

 

Search Engine Optimization atau SEO berperan untuk mengoptimasi suatu website agar peringkatnya menjadi bagus dan bisa muncul di halaman pertama mesin telusur seperti Google, Yahoo, atau yang lainnya. SEO memiliki 2 kategori yaitu SEO on-page dan SEO off-page. SEO on-page adalah suatu langkah optimasi yang berfokus pada faktor-faktor yang ada dalam konten. Faktor tersebut meliputi kecepatan loading page, penggunaan heading, meta tag dan meta deskription, permalink URL, internal linking, dan lain-lain. Sedangkan SEO off-page adalah langkah optimasi yang dilakukan di luar konten atau website. Langkah tersebut meliputi penerapan backlink, pemanfaatan media sosial untuk branding, dan lain-lain. Baik on-page maupun off-page sama pentingnya untuk diterapkan karena jika hanya salah satunya saja yang diterapkan tentu optimasinya tidak akan maksimal.

Algoritma Google yang selalu mengalami perkembangan berpengaruh terhadap strategi SEO yang diterapkan. Oleh karena itu, jika masih menerapkan strategi yang lama terhadap algoritma yang baru tentunya hal tersebut akan menjadi sia-sia. Sejak pertama kali di luncurkan sampai saat ini Google telah ribuan kali melakukan update pada sistemnya. Baik update mayor maupun hanya sekadar memperbaiki bug yang ada. Maka dari itu, strategi SEO yang diterapkan harus menyesuaikan dengan algoritma terbaru dari Google. 

 

Manfaat SEO

 

Setalah mengenal apa itu Search Engine Optimization serta mengetahui jenis dan ruang lingkupnya. Saya akan memberitahu apa saja manfaat dari menerapkan SEO ini. Berikut adalah ulasannya. 

1. SEO dapat meningkatkan trafik dari website sehingga website tersebut berpeluang untuk tampil pada halaman pertama mesin telusur.

2. Berbeda halnya jika menggunakan jasa Google ads atau Facebook ads yang berbayar. Promosi yang diberikan oleh SEO 24 jam secara gratis.

3. SEO dapat meningkatkan peluang bisnis dalam bersaing dengan perusahaan besar.

4. Penggunaan SEO bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness bisnis anda. Brand awarness merupakan kemampuan calon konsumen untuk mengenali dan mengingat merek produk.

5. Manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan penjualan. Tampil di halaman pertama mesin pencari akan membuat produk anda mudah dijangkau oleh calon konsumen sehingga penjualan akan meningkat.

 

Search Engine Marketing

 

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa Search Engine Marketing merupakan suatu bentuk promosi di internet dengan cara meningkatkan visibilitas website di halaman mesin telusur seperti Google. Berbeda dengan SEO yang gratis dalam penerapannya, SEM menyertakan penggunaan layanan penelusuran berbayar sebagai komponen utamanya. Layanan tersebut berupa layanan iklan dari Google yaitu adwords atau yang biasa juga disebut dengan Google ads. Layanan tersebut salah satunya memberikan fitur pay per click (PPC). Sesuai dengan namanya bayar per klik maka anda hanya perlu membayar ketika ada seseorang yang mengklik iklan tersebut. Selain mencakup komponen berbayar seperti PPC SEM juga menerapkan metode SMM atau Social Media Marketing.

 

Manfaat SEM

 

Setelah mengetahui apa itu SEM dan kegunaannya. Saya akan menjelaskan mengenai manfaat dari SEM iu sendiri. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari SEM.

1. Memungkinan untuk mengontrol secara penuh, karena SEM bertujuan sebagai sarana promosi yang memberikan anda kesempatan untuk mengontrol timeline, biaya, maupun hasil yang ingin diraih.

2. SEM dapat memastikan website anda tampil di tempat yang tepat, karena SEM bekerja dengan cara mentarget pengunjung yang sudah tertarik dengan jasa maupun produk yang anda tawarkan.

3. Website menjadi lebih mudah dipromosikan dan kualitas trafik tentunya akan meningkat sehingga memberikan peluang keuntungan yang berlipat.

4. Meningkatkan konversi search marketing, karena SEM mempunyai target pemasaran dengan pengunjung yang relevan terhadap website.

 

Perbedaan SEO dan SEM

 

Lalu, Apa perbedaan antara SEO dan SEM? Perbedaan utamanya terletak pada strategi yang diterapkan. Jika SEO meningkatkan jumlah pengunjung dengan meningkatkan page rank sebuah website agar tampil di halaman pertama mesin pencari. SEM jangkauannya lebih besar, dianggap sebuah strategi pemasaran pada internet yang meningkatkan visibilitas pada website lewat mesin pencari dan lewat iklan. Perbedaan lainnya adalah seperti yang telah saya rangkum di bawah ini:

1. SEM merupakan layanan iklan berbayar yang bentuknya seperti PPC atau pay per click. Sedangkan SEO adalah strategi yang penerapannya dapat dilakukan tanpa biaya alias gratis.

2. Jika menerapkan SEM maka akan muncul ikon “iklan” pada hasil pencariannya sebab SEM dianggap sebagai iklan. Namun, jika menerapkan SEO maka tidak ada tulisan iklan pada hasil pencariannya.

3. Hasil yang didapatkan dari menerapkan SEM relatif lebih cepat dibandingkan dengan SEO. Hal tersebut karena SEO membutuhkan waktu untuk melihat hasilnya dan terdapat banyak faktor juga yang mempengaruhinya sehingga bisa saja memburuk atau membaik seiring waktu.

4. SEO lebih bagus untuk investasi jangka panjang, karena SEO dapat berkembang seiring waktu dan hasil yang didapatkan dapat bertahan lama pula. Berbeda dengan SEM yang akan aktif selama anda membayar iklan tersebut. Jika anda mematikan iklan tersebut maka SEM akan berakhir.

4. Berdasarkan hasil studi yang dikeluarkan oleh AWR, tiga teratas dari hasil pencarian akan mendapatkan CTR atau Click-Through Rate Berdasarkan hal tersebut SEO berpotensi memiliki CTR lebih tinggi dibandingkan dengan SEM jika hasil dari penerapan SEO tersebut website menjadi tiga teratas pada hasil pencarian.

5. SEM memungkinkan untuk memilih target audience. Dengan menerapkan SEM anda dapat memilih hasil pencarian ditampilkan untuk audiens berdasarkan umur, lokasi, dan masih banyak lainnya.

 

BACA JUGA: 10 Tips Optimalisasi SEO Terbaru 2021

 

Penutup

 

Baik SEO maupun SEM memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. meskipun manfaat yang didapatkan ketika menerapkannya tidak jauh berbeda. Jika ada pertanyaan mana yang lebih baik antara SEO dan SEM? Menurut beberapa sumber, keduanya sama-sama baik. Tergantung dari kebutuhan anda masing-masing. 

Apakah ingin cepat mendapatkan hasil dengan strategi iklan dengan SEM atau ingin sedikit bersabar dengan mengembangkan strategi SEO dengan hasil yang didapatkan bisa bertahan lebih lama. Namun, menurut saya pribadi akan lebih baik jika dapat mengkombinasikan keduanya sehingga hasil yang didapatkan lebih maksimal.

Itulah informasi mengenai perbedaan antara SEO dan SEM serta manfaat dari keduanya. Strategi apapun yang dipilih pastikan anda telah melakukan riset dan menganalisis kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda dapat memanfaatkan jasa SEO di Dukref Production untuk meningkatkan eksistensi website anda di halaman mesin pencari.

Ditulis oleh Ferizco Agni Melenio, Member Dukref Production