jasa marketplace murah
sumber foto: freepik

Di era digital saat ini, berjualan produk secara online semakin digemari oleh banyak orang. Terlebih ketika pandemi Covid-19 terjadi, terbatasnya kegiatan di luar ruangan membuat orang-orang cenderung melakukan bisnis secara online termasuk berjualan online.

Kebanyakan penjual online akan menjual barang dagangannya di marketplace yang kini sudah banyak tersedia di Indonesia. Pastikan marketplace yang Anda pilih memang marketplace yang berkualitas dan dapat dipercaya. Ya, karena kualitas marketplace yang Anda pilih juga mempengaruhi penjulan produk Anda ke depannya.

Berjualan online di marketplace bukan hanya sekedar mengandalkan modal awal berupa uang lho. Terdapat banyak tantangan yang harus dilalui ketika memilih berjualan online melalui marketplace.

Tentunya Anda juga membutuhkan pengetahuan dan skill atau kemampuan agar produk yang Anda jual laris di pasaran. Sebelum Anda mempelajari tentang tips meningkatkan penjualan di marketplace, Anda harus mengetahui perbedaan penjualan secara organik dan berbayar.

Penjualan secara organik artinya Anda melakukan penjualan tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun, namun Anda harus lebih giat melakukan promosi secara mandiri. Penjualan secara berbayar artinya Anda harus mengeluarkan biaya untuk melakukan promosi terhadap produk-produk yang Anda jual. Promosi berbayar ini biasanya dilakukan dengan cara memasang iklan berbayar di marketplace online.

Berikut ini beberapa tips untuk Anda agar dapat meningkatkan penjualan produk Anda di marketplace:

 

Memaksimalkan Tampilan Toko dan Optimalkan Produk

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dalam berjualan online di marketplace adalah tampilan toko online Anda. Ya, karena tampilan toko adalah hal yang pertama dilihat konsumen sebelum ia membeli barang di toko Anda. Jadi pastikan toko online Anda memiliki desain yang menarik ya.

Toko online yang Anda miliki pastinya memiliki nama yang berbeda dengan toko online lainnya, bukan? Atau dengan kata lain Anda sudah memiliki brand untuk toko online Anda sendiri, bukan? Nah, kalau sudah Anda harus memiliki logo untuk menunjukan brand toko online Anda. Jangan lupa untuk menggunakan logo ini sebagai foto profil akun toko online Anda. Tentunya ini sebagai identitas dan branding toko online yang Anda miliki. Sebaiknya gunakan logo yang unik dan menarik serta jelas atau berevolusi tinggi ya.

Jangan lupa untuk menggunakan header di toko online yang Anda miliki. Header ini bisa Anda isi dengan kalimat singkat atau headline toko Anda. Anda juga bisa mengisinya dengan motto, visi, atau misi dari toko yang Anda miliki. Pilihlah kata-kata yang menarik dan meyakinkan untuk dibaca ya.

Deskripsi toko juga sangat penting untuk Anda isi. Nah, isilah deskripsi toko dengan kalimat ringkas yang mencerminkan toko Anda secara keseluruhan, seperti produk apa yang dijual, jam operasional, jadwal pengiriman, jasa pengiriman yang digunakan, dan lain sebagainya. Pastikan Anda mengunakan kalimat yang menarik untuk dibaca. Di akhir deskripsi produk, Anda bisa menggunakan kalimat ajakan agar customer melihat daftar produk yang dijual di toko Anda dan membelinya.

Nah dengan begitu customer akan tertarik dan melihat-lihat produk yang Anda jual. Selanjutnya hal yang terpenting adalah optimalisasi produk. Bagaimana caranya? Setiap produk yang Anda jual harus memiliki judul produk yang ringkas dan lengkap. Infomasi utama yang harus ditampilkan sebagai judul produk meliputi nama produk, jenis, merek, dan ukuran.

Produk di toko online Anda jangan hanya menampilkan satu foto. Namun, satu produk harus ditampilkan dengan berbagai foto dari beberapa sudut pandang atau beberapa warna. Hal yang paling penting adalah menggunakan foto asli produk agar nantinya customer puas karena produk yang ia beli sesuai dengan foto di toko online Anda. Gunakan juga foto yang memiliki revolusi gambar yang tinggi ya.

 

Berikan Layanan Terbaik

Satu toko online dengan toko online yang lain mungkin dapat menjual produk dengan harga yang sama. Namun, sebenarnya yang membedakan satu toko dengan toko lainnya adalah pelayanan. Ya, pelayanan menjadi hal penting dalam berjualan. Customer yang dilayani dengan baik tentunya akan merasa nyaman membeli barang di toko tersebut bahkan kemungkinan besar ia akan membeli barang lagi di toko itu.

Pelayanan yang dimaksud di sini pertama Anda harus aktif menjawab setiap pertanyaan dari customer dengan ramah dan fast respon ya. Jangan terlalu cuek atau terlalu lama menjawab pertanyaan customer. Jika Anda melakukan itu, customer dapat dengan mudah memilih produk di toko lain dan Anda akan kehilangannya. Jadi, utamakan pelayanan yang baik, sopan, dan ramah jika Anda ingin customer Anda tetap membeli produk di toko online Anda.

Selain itu, Anda juga harus mengelola stok di toko online Anda secara update. Jangan sampai Anda mengecewakan customer yang sudah memesan produk yang tersedia di toko Anda, namun kenyataannya produk tersebut habis karena Anda lupa untuk mengupdate stock.

Jangan Ragu untuk Promosi

Tidak dapat dipungkiri bahwa promosi memang menjadi daya tarik utama bagi customer untuk membeli produk di suatu toko online. Sebelum melakukan promosi, Anda harus menetapkan produk dan harga yang akan promosikan ya.

Semakin besar potongan harga yang Anda tawarkan biasanya customer akan semakin tertarik membeli produk dari Anda. Namun, Anda juga tidak harus menetapkan harga terendah disbanding kompetitor Anda. Anda juga harus tetap memeperhatikan keuntungan yang akan Anda peroleh. Tentukan harga promosi terbaik produk Anda berdasarkan riset dan harga kompetitor yang ada.

Selain promosi dengan potongan harga, Anda bisa menawarkan promosi berdasarkan jumlah barang. Misalnya, jika membeli dua produk di toko Anda, maka customer akan mendapatkan satu produk gratis. Anda juga bisa menambahkan gratis ongkir sebagai tawaran yang menarik untuk customer Anda lho.

Setelah itu, jangan ragu untuk melakukan promosi ya. Anda bisa melakukan promosi organik dengan memanfaatkan media sosial pribadi yang Anda miliki seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin medsos Anda bekerja secara optimal, Anda bisa menggunakan jasa maintenance media sosial yang ditawarkan Dukref di Jasa Marketplace Murah.

Promosi organik juga bisa Anda lakukan melalui website toko online Anda. Jika toko online yang Anda miliki belum memiliki website, Anda dapat dengan mudah membuat website dengan memanfaatkan jasa pembuatan website yang ditawarkan Dukref di Jasa Marketplace Murah.

Anda juga bisa melakukan promosi berbayar dengan memanfaatkan fitur dari marketplace yang Anda gunakan. Sebaiknya Anda memahami sistem promosi di marketplace yang Anda gunakan. Beberapa marketplace memiliki karakteristiknya masing-masing dalam melakukan iklan promosi. Terdapat marketplace yang mengutamakan iklan berdasarkan kata kunci produk, judul produk, jumlah pencarian produk, dan lain sebagainya.

Itulah tips meningkatkan penjualan produk di Marketplace yang dapat langsung Anda praktikkan agar produk yang ditawarkan toko online Anda laris dibeli customer. Jika Anda masih ingin berkonsultasi lebih lanjut tentang tips penjualan di marketplace, Anda dapat menghubungi Dukref melalui websitenya di https://dukref.com/. Jangan ragu untuk berkonsultasi ya!

 

Ditulis oleh Mega Dinda Larasati, Member Dukref Production