Yuk Kenali dan Pahami Marketplace

Yuk Kenali dan Pahami Marketplace

 

Transaksi jual beli yang dilakukan secara online tentu tidak asing lagi bukan? Karena hampir setiap harinya orang-orang melakukan aktivitas jual beli hanya dengan mengandalkan jaringan internet, tanpa harus bepergian jauh. Dari proses pencarian barang yang ingin dibeli, pembayarannya, hingga pengiriman barang semua bisa dilakukan hanya dengan menggunakan perangkat elektronik. Nah tahukah kamu semua kegiatan itu tidak akan bisa dilakukan tanpa adanya marketplace. Lalu sebenarnya marketplace itu apasi, dan apa aja jenis-jenisnya? Yuk simak penjelasan dibawah ini.

Marketplace sebenearnya adalah sebuah platform yang bertugas sebagai perantara antara si penjual dengan pembelinya, dimana ditempat inilah para penjual dan pembeli bisa melakukan berbagai macam proses transaksi secara online. Nah fasilitas yang sering kamu gunakan seperti pemilihan produk sesuai dengan kategori, metode pembayaran, estimasi pengiriman, dan yang lainnya itu merupakan fitur fitur yang disediakan oleh marketplace loh.

Nah sekarang, setalah kamu memahami apa itu marketplace. Dukref production juga akan memberimu informasi terkait jenis-jenis marketplace serta fungsi yang dimiliki. Dalam marketplace, terdapat dua jenis yang berbeda yaitu, marketplace murni dan konsinyasi.

Marketplace murni, adalah marketplace yang berperan sebagai fasilitator yang menghubungkan para penjual dan pembeli. Di marketplace ini para penjual bisa dengan bebas melakukan transaksi produk, menampilkan segala informasi tentang produk, serta mengelola aktivitas pembayaran yang ada. Di sini para penjual bisa dengan fleksibel mengelola produk penjualannya, asal sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh platform. Nah hal yang harus menjadi perhatian oleh para penjual adalah deskripsi barang yang tertera di marketplace harus sesuai dengan kondisi dan bentuk barang yang sebenarnya ya, jadi untuk kalian para penjual wajib menuliskan informasi dan data produk secara detail. Hal ini tentu akan membuat para pembeli kalian semakin yakin untuk membeli produk yang dijual. Tak hanya itu, kredibilitas toko dan brand kalian juga tentu akan terjaga dengan baik loh.

Pada marketplace murni ini sebelum adanya transaksi pembayaran. Segala aktivitas seperti tawar menawar bisa dilakukan. Jika harga telah disetujui bersama maka pembeli bisa langsung melakukan pembayaran melalui rekening yang telah disediakan oleh pihak marketplace.

Marketplace konsinyasi, berbeda dengan sebelumnya. Marketplace ini berperan hanya sebagai perantara yang mengurusi aktivitas pembayaran, foto produk, dan pengiriman barang.  Jadi simpelnya para penjual hanya bisa menyediakan barang yang ingin dijual saja, jika untuk segala transaksi jual beli itu sudah tugas dari platform dan semua penetapan harga itu akan diatur oleh pihak platform tanpa campur tangan dari penjual.

Saat ini marketplace adalah salah satu pilihan yang cukup digemari oleh masyarakat. Karena platform ini siapapun bisa membangun bisnis secara online tanpa harus mengeluarkan biaya operasional seperti menyewa toko dan lain-lainnya.